DJD LPM Solidaritas 2015
KABAR SOLIDARITAS

DJD LPM Solidaritas 2015

Pasuruan, SOLIDARITAS—Selama tiga hari (20-22/11) Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Solidaritas UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya mengadakan Diklat Jurnalistik Dasar (DJD) 2015 untuk anggota baru. Diklat yang bertema “Membentuk Idealisme dan Loyalitas Pers Mahasiswa Skeptik” bertempat di villa Bhawana 2 Jalan Semeru No. 6 Limas Tretes Pasuruan ini diikuti 38 peserta dari berbagai fakultas.

Acara pembukaan secara seremonial dilaksanakan pada pukul 19.30 WIB, Jumat (20/11). Dalam sambutannya, Mufarrokhah, perwakilan ketua panitia mengingatkan, jika penulis berzikir dengan penanya, “Petani berzikir dengan cangkulnya, penjahit dengan jarumnya, dan penulis dengan penanya.” Ujarnya.

Tidak jauh beda, Fathurrahman mengatakan, “Jangan hanya lewat lagu, perjuangkan suara mahasiswa dengan pena untuk menggebrak birokrasi kampus kita.” Tambahnya mewakili Pemimpin Umum LPM Solidaritas yang berhalangan hadir

Diklat tahunan tersebut menyajikan 5 materi pengetahuan. Meliputi metode berpikir kritis, pengetahuan umum pers dan berita, penggalian data, macam-macam berita, dan artikel (opini dan resensi). Pemateri yang merupakan senior LPM Solidaritas juga beragi pengalaman selama berproses di Solidaritas.

Selain materi, berbagai penampilan dan permainan diadakan untuk mengurangi kejenuhan peserta ketika malam inaugurasi, Sabtu (21/11). “Hal itu bertujuan membangkitkan semangat, salah satu permainannya berupa plenggengan yang melatih fokus dan ketangkasan serta permainan lain,” ungkap Ahmad Fatoni, Koordinator divisi Acara.

Hari terakhir Minggu (22/11), peserta turun ke lapangan untuk mencari berita sebagai follow-up materi. Setiap kelompok didampingi dua orang penanggung jawab. Hasil liputan dikoreksi dan dipertanggungjawabkan di depan senior LPM Solidaritas. Sebelum kembali ke kampus UINSA, diadakan penutupan secara seremonial. “Indikator keberhasilan kegiatan ini dengan karya tulis, materi disampaikan dan diserap lalu diaplikasikan,” pungkas Handika Surbakti, Pemimpin Umum LPM Solidaritas dalam sambutannya. (MA)

Post Comment