Mahasiswa dan Warga UINSA Nobar Gerhana Matahari Cincin
BERITA

Mahasiswa dan Warga UINSA Nobar Gerhana Matahari Cincin

Program Studi (Prodi) Ilmu Falak UIN Sunan Ampel Surabaya membuka kesempatan kepada mahasiswa maupun masyarakat yang ingin menyaksikan fenomena gerhana matahari cincin yang akan melintasi wilayah Surabaya pada hari Kamis (19/12/2019).Puluhan mahasiswa bercampur dengan masyarakat sekitar Surabaya terlihat ramai di masjid  Ulul  Albab UIN Sunan Ampel Surabaya. Bahkan antrean panjang terlihat saat masyarakat ingin melihat fenomena gerhana matahari cincin dengan menggunakan teleskop dan bertukar kacamata khusus anti radiasi untuk melihat fenomena langka tersebut.

Pihak Himafasa (Himpunan Mahasiswa Prodi Imu Falak) UIN Sunan Ampel Surabaya juga memberikan kemudahan bagi mahasiswa UINSA atau masyarakat yang berhalangan hadir tetap dapat melihatnya melalui website dan akun sosial media seperti Instagram dan streaming Youtube resmi Himafasa.

Agil Thoriq selaku ketua panitia menuturkan bahwa tujuan diadakannya pengamatan tersebut yakni menambah pengetahuan dari mahasiswa diluar prodi Ilmu Falak maupun masyarakat sekitar untuk mengenal lebih mendalam mengenai pembelajaran Ilmu Falak yang ada di UINSA.

“Harapan kami mahasiswa  maupun masyarakat nanti dapat lebih memahami khususnya tentang fenomena alam gerhana matahari cincin dan menambah wawasan baik panitia maupun peserta yang hadir dalam pengamatan gerhana matahari cincin ini.” tuturnya.

Ia  menambahkan bahwa pengamatan seperti ini sendiri di UINSA baru dilaksanakan dua kali yakni pada tahun  pertengahan 2016 dan 2019 yang dilaksanakan hari ini

Ali Aziz salah seorang guru besar UINSA mengapresiasi penuh kegiatan yang diadakan oleh Himafasa ini sebagai penambah rasa iman kepada tuhan dengan melakukan sholat gerhana matahari. Ia menjelaskan bahwa filosofi dari fenomena gerhana matahari ialah menandakan bahwa Allah mampu memutar matahari yang begitu besar sehingga sangat mungkin untuk Allah menggerakkan hati manusia yang dikehendakinya untuk berubah dari perilaku kurang baik menjadi mempunyai perilaku yang baik.

Harapan kami setiap tahun UINSA agar selau mengadakan kegiatan pengamatan tersebut. “UIN ini harus bisa menjadi pelopor untuk yang lain agar mengikuti hal yang sama tersebut.”

Mahasiswa  maupun Masyarakat yang datang terlihat sangat antusias dan senang dalam menyaksikan gerhana matahari cincin. Ada juga salah satu dari masyarakat yang membawa keluarganya dan orang terkasih untuk sama-sama bisa melihat gerhana matahari secara langsung. (udn)

Post Comment