Persiapan Panitia dan Respon Mahasiswa Baru Terhadap PBAK
BERITA

Persiapan Panitia dan Respon Mahasiswa Baru Terhadap PBAK

Selasa (22/09) Para mahasiswa baru yang sudah diterima di perguruan tinggi keagamaan Islam harus menjalani kegiatan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK). PBAK UIN Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dilaksanakan pada tanggal 23-25 September 2020. Perencanaan dan persiapan untuk acara PBAK telah dimulai sejak H-7 acara.

Siti Nur Asiyah, selaku Dekan Fakultas Psikologi UINSA menjelaskan bahwa, pihaknya telah melakukan rapat koordinasi bersama pihak-pihak yang terlibat. “Minggu lalu sudah dilakukan rapat koordinasi yang dikomandani oleh Wakil Dekan 3 bersama Dekanat, Pihak Prodi, PLT Kabag, Kasubag, Sema dan Dema untuk mempersiapkan teknis pelaksanaan PBAK di tingkat fakultas yang insyaallah dilaksanakan tanggal 24-25 September 2020 secara daring. Untuk materi universitas tanggal 23 September 2020,” jelasnya.

Dalam persiapan PBAK, Dekanat fakultas mendapatkan bantuan dari pihak mahasiswa, khususnya Sema dan Dema Fakultas. Muhammad Fachrul Fatih, Ketua Sema Fakultas Psikologi tahun 2020, menjelaskan bahwa tugas Sema secara keseluruhan hanya memantau PBAK. “Sema secara keseluruhan hanya sebagai pemantau. Tapi ada anggota Sema yang masuk dalam kepanitiaan, maka tugasnya dilebur jadi satu dengan panitia-panitia lainnya. Tidak dibedakan,” jelasnya.

Ketua panitia dan BPH ditunjuk secara langsung oleh Ketua Dema, ketentuan ini berdasarkan SK rektor nomor 887 yang telah ditetapkan. Sedangkan untuk pemilihan panitia lain yang terlibat dalam proses PBAK ini menggunakan Open Recruitment yang dilakukan oleh pihak Dema.

Puput Angriani Umar, selaku mahasiswa baru yang berasal dari Sulawesi Tenggara, mengungkapkan pendapatnya terkait persiapan PBAK. “Sebenarnya sempat khawatir juga, terkait pelaksanaan Ospek. Tetapi setauku di UIN ospeknya di bawah naungan rektor gak sih kak? jadi kayaknya gak bakal ada (insiden, red) deh tapi bayangan aku pasti bakal capek banget soalnya dari pagi sampai sore”, tuturnya. Puput juga memaklumi jika seandainya ada panitia yang tegas dan galak ketika pelaksanaan PBAK, selama tidak melukai peserta. (tar)

Post Comment