Proyek Kampus 2 UINSA Sebabkan Kebocoran Pipa PDAM
BERITA

Proyek Kampus 2 UINSA Sebabkan Kebocoran Pipa PDAM

Minggu (17/05) Pipa PDAM berdiameter 1.000 mm bocor akibat tertancap tiang pancang proyek UIN Sunan Ampel Surabaya. Pipa PDAM tersebut berada di daerah Pondok Candra Sidoarjo. Proyek tersebut dijalankan oleh PT. Adhi Karya, kontraktor dari pembangunan kampus 2 UINSA.

Binurwati Fitri Humas PDAM Surya Sembada Surabaya menyatakan setidaknya 12 kawasan berpotensi terdampak atas bocornya pipa.
“Pelanggan di kawasan Pondok Candra, PDAM Sidoarjo Pondok Candra, Gunung Anyar, Purimas, Medokan Ayu, Rungkut Madya, Pandugo, Kedung Baruk, Semampir, Mulyosari, Sutorejo, Galaxy, Kenjeran, Nambangan, Bulak Rukem, Setro, Kedung Cowek, Tambak Wedi dan Kedinding dihimbau untuk mengisi airnya” ucapnya.

Fitri memastikan bahwa PDAM akan segera memperbaiki pipa tersebut. Pihaknya sedang mengirimkan alat berat untuk mereparasi kerusakan di tempat kejadian. “Estimasinya belum ada, karena kita belum matikan alirannya,” tutupnya.

Insiden tersebut dirasakan dampaknya oleh Valdi Ghiffari, mahasiswa UINSA asal Gunung Anyar. Valdi merasa kesulitan untuk melakukan kegiatan hariannya, seperti mandi, wudhu bahkan untuk sekedar mencuci tangan.

“Tadi menjelang siang airnya tiba-tiba mati, usaha laundry orang tua sangat terhambat akibat insiden ini,” ungkap mahasiswa Sastra Inggris tersebut.

Selaku mahasiswa UINSA sendiri, Valdi merasa kecewa, karena kampusnya sendiri yang menjadi penyebab dari insiden bocornya pipa tersebut. Mahasiswa semester 6 tersebut juga meminta pihak yang terkait agar segera bertanggung jawab dan memperbaiki kerusakan.

“Pihak kontraktor proyek mohon berhati-hati ketika bekerja, dan bapak-bapak petinggi kampus mohon ikut bertanggung jawab, karena ini berdampak pada masyarakat sekitar,” pungkas Valdi.

Insiden yang melibatkan kampus tersebut dikonfirmasi oleh Chusnul Fuad, Kepala Bagian Umum UINSA. Menurut keterangan Chusnul, pihak UINSA sudah melakukan koordinasi dengan PDAM terkait permasalahan ini. “Sudah ada koordinasi dengan PDAM, insyaallah teratasi,” ungkap Chusnul.

Untuk pertanggung jawaban atas kebocoran pipa tersebut, UINSA menyerahkan kepada PT. Adhi Karya, selaku kontraktor proyek pengembangan kampus 2. “Tanggungjawab PT. Adhi Karya,” ungkap Chusnul. Di sisi lain, PT. Adhi Karya belum memberikan tanggapan terkait kejadian ini (Ais)

Sumber: potongan video, istimewa

Post Comment