Share Link di Muka Umum, Pengawas Tak Khawatir Penyusup Masuk
BERITA

Share Link di Muka Umum, Pengawas Tak Khawatir Penyusup Masuk

Kamis (24/9), Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) hari kedua diselenggarakan dalam lingkup fakultas. Sebanyak kurang lebih 400 mahasiswa baru (Maba) Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya mengikuti kegiatan PBAK melalui dua platform online, yaitu Zoom Meeting dan Live Streaming Youtube.

Mahasiswa mendapat akses room Zoom Meeting FST melalui unggahan yang telah disebarluaskan di akun Instagram UINSA kemarin, pukul 22.02 WIB, berisikan informasi terkait link join Zoom Meeting, Meeting ID dan Passcode.

Ketua Dewan Mahasiswa (Dema) Fakultas Saintek dan Teknologi (FST) Muh. Krisna Satria Pribadi selaku pengawas menyampaikan, bahwa pihaknya dari jauh-jauh hari telah melakukan serangkain persiapan, salah satunya adalah simulasi.

“Saya Bersama teman-teman panitia PBAK FST jauh-jauh hari telah banyak melakukan simulasi dan menghindari adanya penyusup yang mengganggu acara ini. Jika kemungkinan ada penyusup, kami sudah punya senjata antisipasinya,” jelasnya.

Berdasarkan keterangannya, simulasi ini telah dilakukan seminggu atau H-7 acara. Dalam proses itu, simulasi dilakukan dalam dua sesi yaitu offline dan online. Simulasi offline dilakukan dengan tujuan mengedepankan pemahaman terhadap peran masing-masing panitia.

Sedangkan simulasi online, panitia mencoba mereka proses PBAK dengan memposisikan diri menjadi pemateri, moderator, dan peserta PBAK. “Jadi, pertama bagaimana cara mengatasi penyusup, bagaimana cara pemateri masuk, bagaimana cara moderator masuk dan sebagainya,” terang Krisna.

Krisna juga menjelaskan bahwa operator Zoom Meeting FST telah me-lock seluruh aktivitas, sehingga segala sesuatu hanya bisa dilakukan oleh host. Apabila ada pemateri yang akan bergabung, harus meminta izin kepada host terlebih dahulu. Dari pihak panitia pun telah memperketat keamanan dan tidak mengulur waktu terlalu lama.

Seorang mahasiswi Ilmu Kelautan, Salsabila Aprilia Setiawa, mengaku lancar-lancar saja ketika bergabung di Zoom Meeting FST.

“Alhamdulillah, masuk room zoom tidak ada gangguan. Asal user-nya sudah sesuai dengan ketentuan yang diberikan,” ujarnya. (Cc/Wn/Ek)

Post Comment