Upgrade Baru Halaman Web Sistem Informasi Akademik (Siakad) UINSA
BERITA

Upgrade Baru Halaman Web Sistem Informasi Akademik (Siakad) UINSA

Jum’at (25/9), Sehubungan dengan himbauan agar kegiatan perkuliahan tetap berlangsung dalam jaringan (Daring), Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya menggunakan beberapa platform online, seperti Zoom Meeting, Google Meet, dan Google Classroom. Platform tersebut juga dapat diakses langsung melalui Sistem Informasi Akademik (Siakad) UINSA.

Saat materi Siakad selesai diberikan, para mahasiswa baru (Maba) melakukan simulasi pengaksesan Siakad masing-masing. Beberapa maba mengeluhkan halaman web sering error saat diakses, “rata-rata tadi error, jadi memang tidak bisa masuk ke web Siakad.” tulis Sri saat diwawancara tim Solidaritas lewat WhatsApp, “saya masih bingung masalah Siakad, tadi ketinggalan karena error” lanjutnya.

Beberapa mahasiswa angkatan 2019 tahu perubahan halaman web Siakad UINSA menjadi sinau.uinsby.ac.id dari grup angkatan mereka. “Sinau sinau itu kan, aku taunya dari grup angkatan”, ungkap Hilda, mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) angkatan 2019. Hilda mengaku bahwa halaman web itu masih error untuk dicoba,”tetapi masih kosong semua, kemarin aku coba masih belum bisa.” tulisnya.

Abdulla Rofiq selaku Kepala Bagian (Kabag) Akademik UINSA memberikan keterangan terkait perubahan halaman website Siakad UINSA. “Sebenarnya jangan dikatakan perubahan, tetapi peningkatan performa. Siakad di upgrade , yaitu memperbaiki kelemahan dan menambahkan hal hal yang sebelumnya tidak ada, juga memudahkan pelaporan ke Pangkalan Data Perguruan Tinggi (PDDIKTI)” tulis Rofiq. Menurutnya, untuk angkatan 2019, 2018, dan 2017 memang belum mengetahui perubahan ini, “Ya memang belum selesai prosesnya dan bekerjaran dengan waktu serta mencari momen yang pas untuk menghentikan aktifitas Siakad (yang lama –red)” lanjutnya.

Mahasiswa baru angkatan 2020 menjadi kelompok pertama yang mencicipi upgrade Siakad ini, seperti yang dikatakan oleh Rofiq, “Karena maba sejak start awal sudah menggunakan aplikasi ini, maka maba lebih dahulu yang menggunakan. Tahap berikutnya adalah mahasiswa angkatan 2019 ke bawah”. Menurut Rofiq sosialisasi untuk mahasiswa angkatan 2019, 2018, dan 2017 akan bertahap. “Kita akan sosialisasikan, sejak senin (21/9) kemarin, kita sudah sosialisasikan ke fakultas dan pasca selaku operator Siakad, lanjut ke Kaprodi, pagi tadi ke Dosen, tentu pada gilirannya juga ke mahasiswa.” Pungkasnya.

Menurut Rachmad, perubahan halaman web ini seharusnya mengikuti perkembangan teknologi, “tetapi perkembangan teknologi harus diikuti, tentunya perubahan harus mengarah ke perbaikan” ucapnya, mahasiswa FTK UINSA angkatan 19. Rofiq yakin dan berharap bahwa upgrade baru Siakad akan meningkatkan performa secara efisien dan efektif serta dapat menggunakan aplikasi ini dengan sebaik baiknya. (nh/yn/flh)

Post Comment