Aksi Demonstran Tolak Omnibus Law di Hari Buruh
BERITA

Aksi Demonstran Tolak Omnibus Law di Hari Buruh

Sabtu (01/05) aksi “Gerakan Tolak Omnibus Law (GETOL)” kembali di gelar di Surabaya. Aksi ini digelar bertepatan dengan hari buruh internasional. Terdapat kurang lebih 200 orang pada aksi kali ini, yang terdiri atas beberapa aktivis pers, mahasiswa, serikat pekerja, dan organisasi-organisasi lain yang tergabung dalam Gerakan Tolak Omnibus Law (GETOL) Jawa Timur. Tuntutan pada demonstrasi kali ini adalah untuk membatalkan Omnibus Law UU Cipta Kerja berserta peraturan turunannya.

Massa aksi elemen buruh mulai berkumpul di Kebun Binatang Surabaya (KBS) pada pukul 08.00 WIB. Sekitar jam 09.00 WIB massa mulai bergerak menuju Gedung Grahadi. Sekitar pukul 09.30 WIB, para demonstran terlihat sudah mulai berkumpul di lokasi demonstrasi.

Pada pukul 10.00 WIB, Solidaritas tiba di lokasi demonstrasi. Terlihat jalannya demonstrasi cukup tertib dan tidak terlihat kericuhan. Bahkan fasilitas umum disana pun tidak terlihat adanya kerusakan pada saat proses demonstrasi berlangsung. Meskipun demikian, sempat terjadi kemacetan panjang dikarenakan adanya demonstran yang menghalangi jalan.

Orasi berlangsung kurang lebih selama 50 menit sebelum akhirnya proses demonstrasi selesai. Sekitar pukul 11.00 WIB, para demonstran mulai meninggalkan lokasi. Bersamaan dengan itu, pihak solidaritas memutuskan untuk menghentikan kegiatan liputan. Namun setelah demonstrasi selesai, terlihat adanya konvoi yang dilakukan oleh Serikat Pekerja Perkapalan dan Jasa Maritim (SPPJM).

Hingga laporan ini dibuat, masih belum ditemukan adanya tanda-tanda kericuhan maupun kerusakan yang terjadi yang disebabkan oleh aksi demonstrasi kali ini.(fqn/wf)

Post Comment