Dikjursar 2017: Membangun Pers Mahasiswa yang Loyal dan Objektif
BERITA

Dikjursar 2017: Membangun Pers Mahasiswa yang Loyal dan Objektif

Solidaritas-uinsa.org—Setelah melaksanakan open recruitment, LPM Solidaritas menggelar Diklat Jurnalistik Dasar (Dikjursar) untuk calon maganger yang berlangsung selama tiga hari pada 13-15 Oktober 2017 di Vila Damar Sewu Pacet, Mojokerto. Dikjursar yang merupakan salah satu diklat wajib bagi calon maganger (Calmag), diikuti 38 peserta dari 45 orang yang diterima di tahun ini.

Bertemakan “Membangun Generasi Pers Mahasiswa yang Bermutu dan Tanggap Isu”, Panitia Dikjursar dan Pengurus LPM Solidaritas berharap agar generasi selanjutnya mampu menjadi generasi pers mahasiswa berwawasan terbuka dan sadar dengan situasi terkini.

“Seharusnya pers mahasiwa yang idealismenya masih terjaga, beda dengan pers media mainstream yang sudah tercampur dengan konglomerasi media, bisa menjalankan jurnalistik yang baik, memberitakan yang objektif, akurat, dan bisa dipertanggungjawabkan,” jelas Mohammad Iqbal selaku Pemimpin Umum LPM Solidaritas.

“Untuk generasi pers mahasiswa 2017 ke depannya yang berwawasan terbuka, sadar dengan situasi terkini dengan cara mencari tahu dan bisa menyikapinya, tentu dengan rana jurnalistik karena kita dari pers mahasiswa,” lanjut mahasiswa berkacamata tersebut menjelaskan.

Dikjursar tahun ini diisi dengan materi tentang jurnalistik yang paling dasar, yaitu berkenalan dengan pers, berpikir kritis dan sistematis, berkenalan dengan berita, fotografi jurnalistik, teknik penggalian data, teknik penulisan berita, dan prinsip dasar layout media. 7 materi tersebut diberikan oleh pemateri, disertai dengan praktik turun lapangan langsung.

Pengurus LPM Solidaritas berharap dengan diselenggarakannya Dikjursar ini, generasi LPM Solidaritas ke depannya bisa memiliki gairah dan semangat jurnalisme yang tinggi, menjadi juru warta yang berkualitas, dan loyal dengan organisasi sendiri. Meski Dikjursar kali ini menyisakan 9 calmag yang belum mengikuti diklat, rencananya mereka akan diikutkan diklat di LPM fakultas yang ada di kampus UINSA. (iva)

Post Comment