Hadirnya Tokoh-Tokoh Penting Dalam Pembukaan PBAK Online UINSA 2021
BERITA

Hadirnya Tokoh-Tokoh Penting Dalam Pembukaan PBAK Online UINSA 2021

Kamis (2/9), Hari pertama Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) 2021 Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya, diselenggarakan oleh panitia kampus maupun fakultas masing-masing. PBAK Online hari ini dihadiri oleh tokoh-tokoh penting seperti Direktorat Jendral (Dirjen) Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI), Perwakilan Polda Jawa Timur, dan Gubernur Jawa Timur.

Acara yang diselenggarakan sejak pagi ini disambut baik oleh  Muhammad Ali Ramdhani selaku Dirjen Pendidikan Islam Kemenag RI. Dalam sambutannya beliau juga menegaskan bahwa mahasiswa sekarang semakin dituntut untuk serba bisa dalam menghadapi perkembangan zaman dan teknologi yang pesat.

Setiap mahasiswa harus mampu menghadapi masalah dan menemukan problem solving dari setiap masalah yang dihadapi di dunia nyata. Mereka juga harus mampu dalam berkoordinasi, negosiasi, persuasi, mentoring, emosi dan kepekaan sosial. Mahasiswa harus mengasah keterampilan dan kesiapan agar di masa mendatang dapat menjadi generasi penerus bangsa yang hebat.

“Mahasiswa harus bisa beradaptasi terutama dalam kemungkinan jika mesin mulai menggantikan peran manusia di masa mendatang, mahasiswa harus dididik dengan pengetahuan dan keterampilan yang belum bisa dilakukan oleh sebuah mesin atau kecerdasan buatan artifisial intelegen,” ungkapnya.

Sambutan kemudian dilanjutkan oleh Kapolda Jawa Timur yaitu Nico Afinta yang memberikan materi tentang wawasan Kebangsaan yang diselingi dengan Undang-Undang (UU) Informasi dan Transaksi Elektronik  (ITE). Polda jatim juga berpesan kepada mahasiswa baru untuk tetap cerdas dalam bermedia sosial.

“Mahasiswa/i harus berhati-hati dalam bermedia sosial karena banyak ulasan media sosial yang mencoba menghancurkan persatuan dan kesatuan Indonesia. 99% isu radikal, berita hoaks, dan sebagainya muncul dalam media sosial. Padahal 99% remaja juga memakai media sosial,” ujar Nico.

Kemudian dilanjutkan pemaparan materi oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawangsa yang disertai ucapan selamat dan harapan kepada mahasiswa baru UINSA.

“Saya berharap bahwa seluruh mahasiswa baru yang sedang mengikuti PBAK online akan cepat beradaptasi dengan dunia kampus dan tolong mengingat bahwa Universitas Islam Negeri Sunan Ampel membawa nama salah satu dari Sembilan wali yang berakhlakul karimah maka diharapkan mahasiswa juga memiliki akhlakul karimah,” ucap Khofifah.

Sebelum kegiatan ini dimulai panitia wajib melakukan swab antigen dan memberikan bekal materi pada mahasiswa sebelum acara dimulai supaya apabila ada kendala jaringan mahasiswa tidak tertinggal materi. Dalam menyelenggarakan PBAK pada tahun ini panitia mempersingkat waktu dan mendatangkan pemateri penting dengan harapan dalam waktu singkat materi bisa tersampaikan dengan baik kepada mahasiswa. Seperti yang dikatakan oleh Nur Cholis selaku ketua Pelaksana PBAK Online 2021.

“Kita mempersiapkan semua ini supaya terlihat merumahi dan menyambut mereka dengan baik meskipun dengan waktu pendek. Oleh sebab itu kita adakan live question dengan para pemateri supaya terlihat lebih interkatif dan terbuka,” pungkasnya. (nab/kha/irm/wid)

Post Comment