Peserta Membludak, Wisuda ke-101 UINSA Dilaksanakan Selama Dua Hari
BERITA

Peserta Membludak, Wisuda ke-101 UINSA Dilaksanakan Selama Dua Hari

MediaSolidaritas.com – Wisuda ke-101 Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dilaksanakan di gedung Sport Centre selama dua hari, Sabtu dan Minggu, 26-27 November 2022. Wisuda ini diikuti oleh 1.327 wisudawan dari sembilan fakultas dan program pascasarjana.

Rektor UINSA, Muzakki, mengatakan bahwa wisuda dilaksanakan selama dua hari karena kapasitas peserta wisuda yang sangat membludak dengan tempat wisuda yang terbatas. Selain itu, kondisi transisi pandemi yang mengharuskan menjaga protokol kesehatan.

“Sehingga 1.327 itu dilakukan dua hari, tidak bisa dilakukan sehari karena akan penuh dan melanggar protokol Kesehatan,” ujar pria berkacamata itu.

Prosesi di hari pertama, terdapat 668 peserta yang diwisuda. Program Doktor sebanyak 100 wisudawan dan Magister sebanyak 76 wisudawan. Fakultas Ushuluddin dan Filsafat (FUF) sebanyak 192 wisudawan, Fakultas Ekonomi Bisnis Islam (FEBI) sebanyak 188 wisudawan, Fakultas Psikologi dan Kesehatan (FPK) sebanyak 114 wisudawan, dan Fakultas Sains dan Teknologi (FST) sebanyak 87 wisudawan.

Muzakki menambahkan, jumlah wisudawan tiap fakultas tentunya berbeda. Oleh karenanya tidak bisa dilaksanakan secara bersamaan.

“Supaya kita bisa mendapatkan angka tengah, maka yang gede kaya FEBI dicampur dengan jumlah yang lebih kecil,” ujar Muzakki. Peserta wisuda Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) akan diwisuda besok melihat jumlah peserta yang cukup banyak.

Penentuan kategori wisudawan terbaik memiliki sedikit perbedaan dari wisuda sebelumnya. Sebelumnya adalah akademik dan non-akademik, dan sekarang berganti menjadi prestasi akademik dan prestasi khusus. Prestasi khusus diambil dari prestasi publikasi ilmiah, olahraga dan seni, serta tahfidz al-qur’an.

Penghargaan prestasi akademik pada hari pertama Program Doktor terbaik diraih oleh Muhammad Masruhan dari Program Studi Ekonomi Syariah dengan IPK 3,86. Program Magister terbaik diberikan kepada Darmawan dengan IPK 3,91 dari Hukum Tata Negara (HTN). Wisudawan terbaik FUF diraih oleh Ihdal Umami Jahira Program Studi (Prodi) Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT) dengan IPK 3,85. Ika Evarianri, wisudawan dari FEBI Prodi Ekonomi Syari’ah dengan IPK 3,80.

Maulidya Nanda Nur Illah meraih IPK 3,76 dari FST Prodi Biologi. Terakhir wisudawan terbaik dari FPK Prodi Psikologi dengan IPK 3,76 yang diraih oleh Maulana Galileo Budi Cendikia. Untuk penghargaan wisudawan berprestasi khusus diraih oleh 14 wisudawan. (Alda Marisa)

Post Comment