TikTok sebagai Ajang Perkenalan Diri Mahasiswa/i Baru FEBI UIN Sunan Ampel Surabaya
BERITA

TikTok sebagai Ajang Perkenalan Diri Mahasiswa/i Baru FEBI UIN Sunan Ampel Surabaya

Kamis (2/09), hari pertama dilaksanakannya Pengenalan Budaya dan Akademik Mahasiswa (PBAK) tahun ajaran baru 2021 di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA). Dalam memeriahkan acara PBAK, panitia Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) memberikan tugas kepada seluruh mahasiswa baru (Maba) berupa video kreatif mengenai perkenalan diri mereka masing-masing.

 

Panitia beranggapan bahwa dengan tugas ini, Maba FEBI dapat mengasah kreativitasnya dalam pembuatan konten media sosial. Tak hanya itu, mereka juga berharap dapat menarik perhatian serta antusiasme para Maba dalam mengikuti PBAK tahun 2021 ini.

 

Seperti yang telah dituturkan oleh Laila Suyuthi selaku salah satu sekretaris penyelenggara PBAK di FEBI, “Alasannya, untuk mempermudah saling mengenal antar-mahasiswa baru. Di masa pandemi pastinya lebih susah untuk saling mengenal secara langsung namun dengan memanfaatkan media sosial yang ada, akan dapat mempermudah Maba untuk saling mengenal. Selain itu juga untuk turut serta menyemarakkan PBAK UINSA, khususnya di FEBI. Sebenarnya tidak hanya menggunakan media TikTok namun juga memanfaatkan IG reels dan feed Instagram.”

 

Dengan mengikuti tren yang ada, peserta pun tak kalah antusias. Salah satu mahasiswi Ilmu Ekonomi, Mayang Prasasti mengutarakan pendapatnya akan tugas perkenalan diri ini, “Menurut saya sendiri karena musim pandemi gini wajar kalau banyak tugas di luar dugaan kayak membikin video tiktok apa sebagainya. Dan menurut saya sih menyenangkan karena sekarang lagi zaman-zamannya TikTok jadi membuat video TikTok yang bernuansa perkenalan tentang perkuliahan menjadi satu tren di era pandemi di saat memasuki awal ajaran baru.”

 

Namun, pada awalnya memang ada beberapa kendala dari Maba saat mereka mendapatkan tugas tersebut. Mulai dari insecure untuk take video, ataupun tidak mengetahui cara mengoperasikan aplikasi TikTok tersebut. Mengetahui hal itu, panitia selalu mendukung dan mencarikan solusi-solusi dari kendala yang dialami oleh peserta.

 

“Ketika datang rasa insecure kita selalu men-support bahwa kita sebagai mahasiswa dituntut untuk selalu percaya diri dan selalu bisa speak up di depan umum. Untuk kendala yang belum pernah menggunakan aplikasinya juga kami arahkan bagaimana cara men-download dan menggunakan. Tidak hanya itu, kami juga memberi video tutorial,” jelas Vivin Isfiyah, selaku panitia PBAK FEBI 2021.

 

Tetapi tetap saja, panitia menganggap bahwa PBAK FEBI tahun ini berhasil menarik antusiasme para mahasiswa baru karena tugas pembuatan video TikTok ini. “Menurut saya, tugas tersebut cukup membuat calon mahasiswa untuk memanfaatkan kreativitas kami dalam hal videografi dan menggunakan media yang sedang tren di era sekarang. Dan apabila video tersebut viral, maka bisa dijadikan sebagai peluang untuk memperkenalkan seberapa kreatifnya calon mahasiswa kepada orang-orang luar yang mungkin belum tahu tentang universitas ini,” tutur Tegar Satria selaku Maba FEBI tahun ini. (An, Ca, Han, Sen, Ray)

 

Post Comment