Yusuf Amrozi: Jangan Menjadi Pekerja Organisasi, Namun Jangan Hanya Kuliah Saja
BERITA

Yusuf Amrozi: Jangan Menjadi Pekerja Organisasi, Namun Jangan Hanya Kuliah Saja

Jumat (3/09), Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) UIN Sunan Ampel Surabaya telah memasuki hari kedua, dimana kegiatan akan difokuskan di fakultas masing-masing. Yusuf Amrozi, selaku Wakil Dekan (Wadek) III Fakultas Sains dan Teknologi (FST), memberikan materi mengenai Kegiatan Kemahasiswaan kepada mahasiswa baru di fakultas.

Di awal materi, ia memberikan wejangan sebagai pembakar semangat mahasiswa baru Fakultas Sains Dan Teknologi, “Pemuda, khususnya mahasiswa dengan segala energi, kreatifitas, dan idealismenya bisa mengguncang dunia, merubah keadaan, dan merubah peradaban,” ujarnya.

Menurut Yusuf Amrozi, ada empat kunci pendukung untuk sukses, yakni aset, keahlian di bidangnya, networking, serta yang paling terpenting, soft skill. Selanjutnya ia menerangkan pentinya soft skill di lingkungan kerja, “Revolusi industri menjadi tantangan utama. Banyak lapangan kerja digantikan dengan mesin otomatis, sehingga persaingan kerja semakin kompetitif. Maka dari itu, mahasiswa harus adaptif, berpikir dan bertindak cepat memanfaatkan peluang untuk memperkuat soft skill.”

Yusuf Amrozi memperkenalkan beberapa organisasi intra maupun ekstra kampus sebagai penunjang keaktifan mahasiswa berorganisasi, seperti Senat Mahasiswa, Dewan Mahasiswa, Unit Kegiatan Non Akademik, Himpunan Mahasiswa Prodi, dan Kelompok Studi. Sedangkan organisasi ekstra kampus meliputi organisasi alumni, PMII, HMI, IMM, dsb.

Wadek UINSA tersebut juga menuturkan untuk tidak sekedar menjadi pekerja organisasi, namun jangan hanya kuliah saja, “Nanti pulang gak punya pengalaman, gak punya jaringan, yo mulih dirabino,” sambungnya.

Amanda Salsabila Nasution, salah satu mahasiswa baru di Fakultas Sains dan Teknologi mengatakan bahwa yang disampaikan Wadek III FST menjadikannya lebih semangat untuk berorganisasi dan berkuliah. “Saya setuju dengan pernyataan beliau, dengan begitu mahasiswa akan mendapat sangat banyak sekali manfaatnya dan saya juga akan mendapat banyak ilmu.”

Begitu pula, Yulia Eka mahasiswa baru Program Studi Sistem Informasi yang juga menuturkan pendapat setuju perihal materi yang dipaparkan. Namun, Yulia mengatakan bahwa ia akan selektif memilih organisasi. “Karena mengasah kemampuan di luar mata kuliah itu perlu, dengan mengikuti organisasi atau kegiatan lainnya yang dapat menggali potensi diri serta peluang mendapat prestasi juga,” ujarnya. (Vel, Bil, Adn, Had)

Post Comment